Label

Rabu, 27 April 2011

One day trip to Cirebon

Awalnya suamiku ada rencana mau ke Cirebon sama teman2 kantornya. Mereka mau cari batik buat dipakai di kantor. Suamiku ngajakin aku pastinya, karena aku juga penggemar batik. Iseng, aku nawarin temen2 kantorku juga. Ternyata mereka pada minat. Trus di set lah tanggal keberangkatan kita. Tak taunya temen2 kantor suamiku malah pada ga bisa tanggal segitu, sementara kita berpikir untuk terus lanjut karena kalau diundur2 lagi malah nanti pada ga bisa. Suamiku juga akhirnya malah ikut gabung sama aku dan teman2 kantor...hahaha...

Kita berangkat berlima, aku, mas Jogi, mb Carmen, Neny sama adiknya, Mita. Kita ambil kereta yang paling pagi, yang berangkat dari Gambir jam 6. Janjian ketemuan langsung di Gambir.

Sampai di Cirebon, sekitaran jam 9 pagi. Ini beberapa foto stasiun Cirebon yang sempet diambil sama mb Carmen.



Karena niat nya memang mau wisata kuliner di Cirebon, jadinya dari pagi kita sengaja ga sarapan banyak2.
Sampainya di stasiun, kita langsung cari mobil sewaan untuk nganterin kita selama seharian penuh. Dapetlah mobil Avanza sudah lengkap sama driver dan bensinnya. Kita bilang ke dia kalau kita pengen nyobain makanan yang khas di Cirebon sekalian mau kunjungi kraton dan sentra batik.

Pertama2 kita minta dianterin ke Nasi Jamblang Mang Doel yang terkenal itu. Inilah penampakan warung nya.


Nasinya udah ditaruh di daun waru gitu. Boleh minta seporsi boleh juga 2 porsi. Karena seporsinya itu ternyata kecil sekali untuk ukuran laki2. Bisa 3 porsi malah. Lauknya ditaruh di tempat2 yang kita bebas untuk milihnya. Sayur tahunya enak banget. Sambelnya jg ga terlalu pedas buat ukuran aku...hehehe.. Masing2 kita ambil lauknya minimal 3. Kelaperan yg amat sangat. Ini murah sekali lho....total kita makan berlima itu ga nyampe 60rb! Minumnya semua ambil yang standard aja, teh tawar hangat. Kalau di Jakarta pasti banyak diserbu orang nih.



Sempetin foto2 dulu sebelum melanjutkan perjalanannya. Yuk mari...


Sekarang pengennya liat kraton. Tapi nanti makan siangnya kepengen mampir ke Empal Gentong Cirebon. Drivernya yang namanya pak Thoat nyaranin supaya kita ke Empal dulu. Karena takutnya kalau jam 1-an gitu suka udah abis. Karena di Cirebon banyak sekali rumah makan Empal Gentong. Menurut dia hanya yang di ibu Dharma aja yang paling enak. Selebihnya masih biasa aja rasanya.

Waduh, abis makan kenyang di nasi jamblang mesti lanjut makan lagi di empal gentong. Perut bisa meledak ini....eh, jangan sampai sih yaa...amit-amit.. Tapi akhirnya kita setuju dengan saran pak Thoat. Yang penting untuk icip2 aja. Seporsi nanti buat berdua aja. Supaya kalau ke Cirebon lagi udah tau perbedaannya.

Kalau tau gitu tadi ke empal gentong duluan deh, karena letaknya lebih dekat ke arah stasiun. Tapi ga apa2 lah.. Yang penting kesampaian wisata kuliner nya...



Ini penampakan warung Empal Gentong Ibu Dharma dari depan. Seperti di rumahan biasa aja, ga terkesan seperti rumah makan.



Ini penampakan empal gentong seporsi tanpa lontong. Seperti sangat sangat menggiurkan sekali.



Ini penampakan seporsi yang pakai lontong.
Dan ternyata setelah dicoba....alamak... Kalau pak Bondan ini termasuk yang Top Markotop, udah bukan Maknyuss lagi. Sumpah ini lekker banget, tiada duanya !


Inilah tampang2 yang siap melahap empal gentong ini. Biar perut sudah lumayan kenyang abis makan nasi jamblang paginya, tapi ga mengurungkan niat buat nyobain empal gentong ini. Mana yang jual salah ngasih lagi, dikiranya kita semua pada mau makan, padahal kan seporsi buat berdua. Jadilah terpaksa kita makan masing2 seporsi. Alhamdulillah diberikan kenikmatan rasa yang tiada tara.



Makannya ditemani oleh krupuk kulit dan sambal kering ini. Ini mirip sambal buat makan indomie tepatnya. Ternyata bukan pakai sambal ulek.



Ini penampakan dari gerobak jualannya. Krupuk kulitnya ga bening warnanya. Ini dari kulit kerbau. Gurih banget.

Kenyang berwisata kuliner langsung di dua tempat, akhirnya tujuan berikutnya ke sentra batik trusmi dulu. Ke kraton nya sore2 aja supaya ga kepanasan.


  
Mbak Carmen sempet motret plang batik Trusmi nya.


Ini beberapa toko batik yang sempat kita masuki. Mumpung ga dilarang motret, jadilah kita foto2 batiknya. Indah banget ya batik khas cirebon ini.


Akhirnya di toko batik inilah kita banyak ngabisin waktu. Lupa lagi nama toko batiknya. Tapi ternyata disini banyak dijual batik tulis yang mereka produksi sendiri tanpa ngambil dari tempat lain. Kain batik tulis corak warna hitam yang dipegang sama Mita itu aja ternyata harganya hampir sejuta. Woowww...!! Ga salah pilih deh kamu Mit...

Setelah banyak ngobrol sama bapaknya yang punya toko, yang difoto diatas itu posisinya berdiri dibelakang kita, akhirnya kita diajak untuk liat tempat workshop nya dia yang persis ada di belakang toko. Bapak ini baik sekali, mau membagikan ilmu per-batikan nya kepada kita semua, yang mana batik yang tulis, yang cap, yang mahal dan yang murah. Bener2 ilmu yang bermanfaat banget dan free of charge !. Sungguh mulia sekali Bapak ini.






Beberapa contoh batik yang sedang dibuat hari itu. Benar2 indah ya.



Batik2 yang ini khusus di ekspor ke Jepang. Mereka sudah punya pembeli tetap disana. Sampai2 sudah seperti keluarga sendiri kata si Bapak. Yang kalau butuh modal, si pembelinya mau setor uangnya dulu dimuka. Dan jenis batik ini tidak boleh dijual di Indonesia. Hmmm....agak curang juga ya.
Biasa si orang Jepang itu mengirimkan gambar / motif yang mereka inginkan berikut warna nya. Kebanyakan satu motif itu paling banyak hanya ada 2 warna saja. Mereka tidak suka yang banyak warna. Yang ukurannya kecil itu sapu tangan. Orang Jepang aja saputangannya dari Batik Cirebon ya.

Puas berkeliling liat batik, waktunya untuk makan siang. Hah...makan lagi. hehehe...
Tujuan berikutnya ayam goreng kampung Bahagia. Sayang cuman sedikit foto2nya. Disamping lupa, juga ternyata karena udah lapar.



Bapak2 yang duduk di sebelah gw itulah pak Thoat, driver kita. Orangnya helpful dan informatif banget.
Buat yang berminat, bisa contact aku nanti aku kasih no hp nya dia. Tapi harganya nego sendiri ya. Mungkin juga ga bisa dapet sama dengan harga waktu kita sewa dia.

Abis itu kita lanjut ke kraton. Ternyata eh ternyata, mereka mau sekatenan. Jadi kratonnya ditutup dan di sepanjang kraton itu dibangun banyak tenda2 utk jualan selama sebulan. Yahhh....telat deh.

Mau ga mau kita langsung ke toko oleh2 Sinta aja. Ini dia penampakan tokonya.





Menggiurkan sekali bukan ?? Mesti bisa berkompromi dengan dompet ini...hahahaa...



Tergiur juga buat nyobain es duren yang mangkal di samping toko Sinta. Kirain pake cup kecil ga taunya pake mangkok. Waduhhh....pulang2 mesti diet lagi nih. Ga ngaruh jg sih kayaknya....hahahaa...

Karena sudah ga ada tempat buat didatengin lagi dan juga udah mepet sama jam kereta kita, akhirnya kita minta tolong pak Thoat untuk antar beli makanan buat dikereta. Pak Thoat nyaranin ke nasi jamblang lagi tapi ini memang khusus buka dari sore aja. Kalau Mang Dul kan justru dari abis subuh bukanya.
Wah, kita semua langsung setuju. Ini dia penampakan warung nasi jamblang nya.


Rame juga loh. Tempat duduknya memang diluar semua, yang didalam itu langsung meja makan tempat taruh lauk pauknya. Dan lagi2 lupa buat motret meja makanannya karena masing2 udah pada sibuk milih lauk yang buat dimakan juga buat oleh2 orang2 dirumah.
Kita semua nyobain cumi nya yang dimasak bumbu item. Menggoda sekali secara cuminya guede2 banget.

Dan ternyata oh ternyata, di nasi jamblang ini rasanya jauh lebih nendang loh dibandingin di Mang Dul. Maaf ya Mang. Tapi yang di bu Nur ini bumbunya lebih meresap dan memang enak. Udah dibawa sampe rumah, dipanasin, tetep masih enak.

Berarti besok2 kalau ke Cirebon, kita pagi ke empal gentong, siang ke ayam goreng Bahagia, sore nya ke nasi jamblang ini. Mengharap banget bisa kesini lagi....insya allah..amin.




Masih belum puas, di deket nasi jamblang itu ada yang jualan martabak mini. Akhirnya skenarion nya berubah mendadak. Yang nasi jamblang buat di rumah, di kereta nanti makan martabak aja karena masih ngerasa pada kenyang. Sebenarnya ini sama aja kayak martabak2 manis di Jakarta. Soal rasa juga ga jauh beda. Laper mata ajah ! hahahaaa...

Sampai di stasiun, kita memberikan tip lebih lagi ke pak Thoat karena dia benar2 memberikan service yang memuaskan ke kita2 semua. Dan setelah pak Thoat pergi karena katanya mau langsung pulang dab beristirahat, kita baru tau kalau ternyata keretanya delay sejam sodara2....hmmmfffhhh..

Daripada bengong ga jelas didalam, mendingan kita ngopi dulu di warung depan stasiun sambil ngerapihin barang bawaan masing2.

Mendekati kereta mau dateng, baru deh kita masuk. Dan didalam stasiun kita ketemu lagi sama nenek2 yang jualan salak. Kita udah nyoba salaknya pas baru dateng, ternyata masir banget. Intinya sih mb Carmen cuman mau bantuin dia aja tadi pagi. Tapi sekarang kita berpikir untuk beli salak ini sebagai oleh2. Karena enak banget.


Benar2 puas one day trip ke Cirebon ini. Dapet tempat2 baru, makanan baru, ilmu baru juga soal batik. Malah nyesel kenapa ga dari dulu2 ya ke Cirebon. Padahal ga terlalu jauh dari Jakarta. Biar gitu, besokannya nih badan rasanya rontokkk semua. Asli deh hari minggu nya ga kepengen kemana2. Suamiku juga tepar ternyata. Untung berangkatnya sabtu, kalau minggu pasti senin nya pada ga masuk deh...hahaha..

bye Cirebon. See you soon....I hope so !









1 komentar:

  1. saya email soal cerita ini ke uchan_73@yahoo.com . Betulkah ini kontaknya?

    BalasHapus