Label

Rabu, 15 Juni 2011

Kroket Kentang

11 June 2011

Ada kentang nganggur, liat freezer ada daging giling nganggur juga. Daripada dianggurin, lebih baik kita olah saja jadi sesuatu yang enak dan lezat.

Pilihan jatuh ke kroket kentang isi daging giling. Sebenarnya mudah membuatnya, hanya karena step step nya banyak, dikukus, digoreng, dihaluskan, ditumbuk, diisi, digulung ke panir baru digoreng, jadinya lumayan menyita waktu juga. Ditambah pas mateng makannya cuman 5 menit aja...hahaaa...



Aku buatnya modifikasi 2 resep. Untuk resep kentangnya aku pakai yang dari NCC-bu Fat. Tapi yang untuk isinya aku ambil dari resepnya Seri Masak Femina PRIMARASA.

Kroket Kentang

Bahan:

2 kg           kentang tes
3 btr          kuning telur
2 sdm         mentega butter
3 sdm         susu bubuk
250 gr         tepung kentang (aku ga pake)
½ sdt          chicken powder
3 sdt           garam
½ sdt          pala
½ sdt          lada

Cara membuat:
  1. Kukus kentang, lalu goreng, haluskan, campur dengan sisa bahan lainnya, aduk rata
  2. Ambil satu genggam adonan, pipihkan, isi dengan bahan isi, bentuk bulat lonjong, gulingkan di tepung terigu, celup dengan putih telur, lalu gulingkan pada tepung panir.
  3. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.angkat.
Untuk isi:
  • 250 gr. daging cincang
  • 1 ukuran sedang bawang bombay, cincang
  • 1 siung bawang putih, iris tipis
  • 100 gr. wortel, potong dadu kecil2
  • 125 ml. air
  •  2 batang seledri, cincang
  • garam dan merica bubuk secukupnya
  • 1/4 sdm. tepung terigu, larutkan dengan 1 sdm. air
  • 1 sdm. margarin
Cara membuat:
  1. Untuk isi: tumis dengan margarin bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging cincang dan wortel, aduk. Tuang air. Masukkan garam, merica, dan seledri. Aduk dan kecilkan api. Biarkan hingga matang. Tuang larutan terigu, aduk dan angkat dari kompor. Biarkan sampai dingin.
  2. Ambil 2 sendok makan kentang, bentuk bulatkan dan pipihkan. Masukkan isi sebanyak kurang lebih 2 sendok teh. Tutup dan bentuk lonjong.
  3. Balurkan ke dalam sisa telur yang sudah dikocok lepas. Kemudian gulingkan dalam tepung roti. Ulangi sekali lagi proses ini.
  4. Goreng dalam minyak panas (tenggelam) hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Ini penampakannya sebelum dibalut tepung panir.


Ini yang sudah dibalut dengan tepung panir.


Ini hasilnya setelah digoreng.


Hasilnya ternyata tidak mengecewakan. Anak2ku sekali makan 3 potong. Malemnya minta digorengin lagi masing-masing 2 potong. Padahal rencananya kroket ini buat snack anak-anak yang Minggu besok pada belajar untuk bikin kukis hias. Terpaksa deh disimpenin dulu yang belum digoreng dikulkas sebelum habis disantap sama anak-anak. Untuk bikin lagi, udah ga ada tenaganya. Nanti deh dibuatin lagi ya, nak... Bahagianya kalau anak-anak ini menyukai masakan yang dibuat mamanya...jadi melow..hehee..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar